pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part1

pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula


bagi para pemula atau yang pertama kali belajar menggunakan aplikasi excel harus tahu pemahaman mendasarnya terlebih dahulu. yang pertama adalah pemahaman mendasar tentang lembar kerja excel (worksheet/sheet), harus bisa membedakan istilah CELL dan RANGE. lihat gambar berikut :

http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
gambar cell yang aktif B4
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/
gambar range yang aktif B3:C4
kertas kerja (work sheet) excel terdiri dari kolom dan baris. kolom dalam excel di wakili dengan Hurup dan baris dalam excel diwakili dengan Angka. Pertemuan kolom dan baris akan membentuk satu kotak yang disebut dengan Cell dan pertemuan beberapa kolom dan beberapa baris akan membentuk kotak yang terdiri dari cell yang disebut dengan Range.

Baca Juga : penggunaan rumus index dan match pada aplikasi excel

penamaan atau pengetikan sebuah cell secara manual harus menetukan terlebih dahulu kolomnya dan kemudian baris. misalnya anda mengetikan rumus dalam aplikasi excel dan menentukan cell nya, maka penulisannya hurup dulu kemudian angka. contoh : A1. jangan terbalik menjadi 1A karena 1A bukan sebuah cell dalam aplikasi excel.

begitupun membuat sebuah range secara manual dengan diketik, anda harus mengambil data awalnya dari cell pojok atas kiri dan data akhirnya dari cell pojok bawah kanan. contoh : ' B3:C4 ' atau lihat contoh gambar range diatas.

Jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudahkan penggunaan fungsi rumus formula di microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan  :)

https://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pemahaman mendasar penggunaan aplikasi microsoft excel bagi pemula-part1"

Post a Comment